Lebaran, Saatnya Instropeksi!!

          Nggak kerasa ya, sudah sebulan *hampir* kita menjalani puasa. Apa yang udah kita dapet pas puasa, yah tergantung individu masing2. Kalo puasanya niat, ya InsyaAllah bakal lebih baik. Kalo setengah niat setengah kepaksa, ayo instropeksi! 
         Kalo aku sendiri *curhat* yah, banyak sih dapetnya. Walaupun feelnya beda, ya harus tetep sabar aja. Puasa kali ini, aku cuma berempat. Mama, mas gus, bude, dan aku. Kalo ditanya kangen, kangen banget. Pernah gitu pengen rasanya review puasa tahun-tahun yang lalu--pas keluargaku masih lengkap. Kata 'masih' emang beneran bikin sesuatu banget. Sayangnya, ya memang inilah hidup. We must face the life--whatever it is. Di rumahku nggak ada cctv, jadi nggak ada siaran ulang untuk liat Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Jadi cuma bisa inget2 momen momen langka itu...trus cerita ke mama, 'ma, dulu pas..' atau 'ma, keinget deh dulu Papa ...' . Mama cuma senyum, dan kadang menimpali omonganku.
            Setiap bangun sahur, aku ngeliat mamaku pasti udah nduluin aku bangun. Mama shalat Tahajjud. Akhirnya aku ikutan. Terus kita masak bareng. Kadang mama nonton Metro TV, jadi aku masak sendiri. Rumah ini rasanya sepi banget. Secara, dulu kami semua--kalo lengkap ada 7 orang. Mama, Papa, Mas gun, mas kud, mbak tis, mas gus, dan aku. Ditambah pembantu. Apalagi Papa sukanya bikin rame. Entah itu mukul2 panci buat mbangunin orang serumah, atau sholawatan keras banget pake suara fals. Tapi itu, itu yang bikin kangen. Setiap pagi, 5 anak mama langsung duduk manis didepan TV sambil nonton SKS (Saatnya Kita Sahur, yg ada Komeng sama Tessy n Adul). Yang masak sih, biasanya mbak tis, mama, dan ada pembantu. Aku cuma bantu2 masukin gorengan atau nata piring. Trus kalo udah adzan subuh, rumah bakalan sepi karena ke masjid semua *tinggal pembantu aja*
                 Dan....sekarang Papa sudah nggak ada. He has passed away. Mas gun dan mas kud sudah menikah--punya rumah dan keluarga mereka masing2. Mbak tis kerja luar pulau, jadi baru pulang H-2 lebaran ini. Mas gus kuliah--dan dia kebanyakan buber. Yang dirumah cuma aku mama dan bude. Terus, bude pulang kampung. Tinggal aku dan mama, sama mas gus. Sepi sih, tapi mau gimana lagi. Ini sudah Sunatullah.
                Aku selalu pengen makan bareng pas sahur maupun buka, sama keluargaku yang tersisa dirumah. Maka dari itu, sebisa mungkin aku nggak ikut buber. Buber itu ngabisin uang dan menyita kebersamaan keluargaku yang udah langka. Dan kebanyakan, diakhiri dengan nggak sholat tarawih di Masjid. Jadi, aku ikut buber yang kurasa perlu aja.
               Pertanyaan...
            Kalian lebih milih buber atau bersama keluarga kalian?
           
                "Inget, jangan nyesel, karena kebersamaan itu langka."

saatnya instropeksi.

Comments